URL Tips Usaha Internet

Sabtu, 01 Januari 2011

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091029104944AAxSA3W

http://bisniswarnet.com/index.php

ini sekedar tulisan pribadi saya, khusus utk bisnis warnet semoga
bermanfaat, dan semoga admin milis asosiasi-warnet ini meloloskannya :)

ada beberapa strategi untuk meningkatkan omzet warnet diantaranya yaitu :

1. *diferensiasi service*, cari ide agar warnet anda berbeda dari warnet
lain dan harus unik, misalnya saja :
1. bila semua warnet didaerah anda pake kursi maka perlu
dipertimbangkan membuat warnet khusus lesehan atau membuat ruang khusus
lesehan
2. bila semua warnet didaerah anda pake kursi plastik maka coba warnet
anda pake kursi empuk seperti sofa, agar lebih nyaman rileks dan
bisa main
lama2
3. cek juga headphone yg dipake warnet lain, kalo biasa2 aja yg
harganya 25ribu dengan kualitas seadanya, maka coba gunakan
headphone merek
philips misalnya yang harganya 150ribuan tapi kualitasnya bagus
dan bass-nya
terasa.
4. cari ide lain dan saya yakin masih banyak sekali yg bisa digunakan
untuk membedakan warnet anda dengan warnet lain, dengan perbedaan positif
secara otomatis akan menjadi pembicaraan dari mulut kemulut yang itu
merupakan media iklan gratis yang paling baik

2. *segmentasi *
ada banyak level atau tingkatan berbagai bidang masyarakat konsumen,
rasa2nya sulit bila satu produk bisa menjangkau semua level tersebut, maka
salah satu strategi adalah membuat produk atau service untuk level tertentu,
contohnya rinso yang ditargetkan utk kalangan mengah keatas, sedangkan untuk
kebawah, perusahaan yg sama memproduksi Surf. contoh lain adalah simpati dan
mentari yang ditujukan utk kalangan menengah keatas, namun operator gsm juga
tidak mau kehilangan pasar bawah makanya mereka meluncurkan kartu as dan IM3
untuk pasar remaja yg lebih banyak menggunakan SMS ketimbang call.

untuk pengelola warnet, pastikan warnet anda hanya utk salah satu level
pasar, warnet anda ditargetkan utk kalangan pelajar dengan fasilitas
seadanya namun harganya murah, atau ditujukan untuk kalangan berduit yang
tentunya dengan fasilitas ac, pc terbaru dengan layar datar, dan akses
yg cepat.

Bila anda mempunyai modal yg lebih, buat beberapa warnet yang setiap
warnet telah diposisikan utk kalangan tertentu sehingga anda bisa menangkap
semua level.

3. *service tambahan*,
kalo operator GSM mengistilahkan ini dengan VAS (value added service),
contohnya sms konten, nada sambung, sms sekolah, sms komunitas, dll. Untuk
warnet, VAS yang bisa dicoba adalah training, manfaat training selain
mendapatkan pemasukan lebih adalah :
1. promosi warnet yang otomatis mengikut saat anda membuat iklan
training
2. bisa membuat pelanggan baru, pelanggan biasanya tidak pernah
kewarnet karena tidak bisa main internet.
3. bisa mengikat pelanggan, bila anda menambahkan diskon bagi peserta
training.
4. mengefektikan jam2 sepi, misalnya pada pagi hari jam 8 s.d 10 yg
biasanya sepi bisa digunakan utk jam training.

4. *Promosi*
setelah anda melakukan hal2 diatas, maka semua orang diwilayah anda harus
tau, caranya adalah dengan promosi, ada banyak media promosi yg cocok
utk warnet seperti spanduk, leaflet, pamplet, dan SMS. tentang SMS akan
dibahas rinci dibawah ini

Promosi dengan SMS dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah SMS dengan
menggunakan software khusus melalui komputer, komputer dihubungkan dengan
modem gsm atau hanphone dengan kabel data atau koneksi bluetooth. keunggulan
promosi dengan SMS adalah :

1. pesan anda dipastikan akan dibaca oleh penerima
2. biaya relatif murah, mulai dari Rp 2,- per sms
3. dengan SMS bisa menyampaikan iklan lebih personal, misalnya dengan
menyebutkan sapaan dan nama penerima
4. bisa komunikasi 2 arah, jadi ada komunikasi dengan pelanggan.

tentunya anda harus mengumpulkan nomor2 HP agar bisa mengirimkan hanya
kenomor2 tersebut, caranya adalah :

1. cari cara agar anda bisa mendapatkan nomor hp pengunjung, misalnya
dengan formulir atau pada billing tambahkan kolom nomor hp, atau pada
billing yg diketik bukan nama tapi nomor hp.
2. bila warnet anda juga jual pulsa elektrik, maka anda sudah mendapatkan
data nomor2 yg pernah beli hp,
3. bila anda punya teman pemilik counter penjual pulsa maka anda bisa
minta data nomor2 yg pernah beli hp, atau bila diperlukan minta dengan
counter pulsa disekitar wilayah target pasar anda, tentumya dengan imbalan
atau kerjasama tertentu.
4. anda jg bisa memanfaatkan dengan pelanggan yg sudah ada, misalnya
pelajar memberikan nomor2 hp temannya, bila untuk sekian nomor hp gratis
main internet 1 jam misalnya.

selanjutnya mulailah mengirim SMS, pengiriman SMS bila menggunakan software
dari CD bawaan saat membeli HP, misalnya Nokia PC Suite utk hp terntentu,
Samsung atau Sony Ericsson, Namun bila ingin fitur lebih bisa menggunakan
software SMS Center yang ada banyak jualnnya di internet

iklan :
Salah satu software SMS center yang layak digunakan adalah *NixSMS-Center*,
untuk warnet kecil saya sarankan gunakan NixSMS-Center versi gratis. NixSMS
versi gratis ini dapat didownload dan digunakan tanpa perlu membayar,
pembatasan pada versi gratis adalah dapat mengirim maksimal 100 sms perhari,
bila lewat dari 100 SMS maka teks SMSnya akan ada tambahan teks -[nixsms.com],
namun NixSMS-Center versi gratis ini bisa utk kirim SMS sepuasnya tanpa
batasan 100 SMS perhari utk pengiriman SMS ke Yahoo, Facebook dan Twitter.
Software versi gratis bisa digunakan selamanya tanpa ada masa trial.

Anda bisa mengupgrade ke versi komersial agar dapat digunakan tanpa batasan
dengan membeli software versi komersial dengan harga Rp 1.500.000,-
(software only) atau Rp 2.500.000,- (plus modem GSM Wavecom). Update dari
versi trial ke versi komersil tidak merubah database, sehingga saat upgrade
ke versi komersial tidak perlu input data dari awal lagi.

terimakasih, semoga bermanfaat
Aswandi
*www.nixsms.com *

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © IFAN COM